Repository
Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia

ANALISIS KEJADIAN DISMINOREA PRIMER BERDASARKAN GAYA HIDUP DAN STATUS GIZI PADA REMAJA PUTRI DI PANTI ASUHAN “AL – FATTAH “ KABUPATEN KEDIRI

No image available for this title
ABSTRAK

Disminorea adalah gangguan fisik yang berupa nyeri di daerah perut bagian bawah menjalar ke punggung atau permukaan dalam paha. Gangguan ini biasanya mulai terjadi pada 24 jam sebelum terjadinya perdarahan menstruasi dan dapat terasa 24 – 36 jam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya hidup dan status gizi yang mempengaruhi kejadian disminorea pada remaja putri di Panti Asuhan AL – FATTAH Kabupaten Kediri.
Desain penelitian pada penelitian ini yaitu desain korelasi dengan pendekatan crossectional. Populasinya adalah 50 remaja putri yang sudah menstruasi di Panti Asuhan AL – FATTAH Kabupaten Kediri. Penelitian dilakukan pada tanggal 19-20 Januari 2019 dengan jumlah responden 44 responden. Variabel independent penelitian ini dibagi menjadi 2 variabel, variabel pertama gaya hidup yang meliputi pola makan, aktivitas olahraga, dan stres. Variabel yang kedua status gizi. Variabel dependent penelitian ini adalah kejadian disminorea primer. Instrumen yang digunakan kuisioner dan lembar observasi.
Hasil Karakteristik variabel diketahui bahwa responden yang memiliki pola makan yang sehat sebanyak 20 responden (45,5%), yang memiliki aktivitas olahraga teratur sebanyak 19 responden (43,2%), yang mengalami stres tingkat sedang sebanyak 17 responden(38,6%), yang memiliki status gizi dengan kategori normal sebanyak 26 responden (59,1%), hampir setengah dari responden mengalami disminorea dengan skala nyeri sedang sebanyak 18 responden (40,9%) dari total 44 responden. Hasil uji statistik Regresi Ordinal dengan p-value 0,05 antara variabel pola makan p-value 0,000, aktivitas olahraga p-value 0,002, stres p-value 0,000, dan status gizi p-value 0,059. Yang paling mempengaruhi adalah aktivitas olahraga terhadap kejadian disminorea p-value 0,002.
Kejadian disminorea pada remaja putri di Panti Asuhan AL – FATTAH Kabupaten Kediri dipengaruhi oleh gaya hidup. Jika seseorang yang memiliki gaya hidup tidak sehat seperti pola makan yang tidak sehat, aktivitas olahraga, tidak teratur dan stres yang berlebihan, maka akan beresiko terjadinya disminorea.

Kata kunci : Disminorea, gaya hidup, status gizi
No copy data
Detail Information
Series Title

-

Call Number

S.IKP.19.019

Publisher

STIKes Surya Mitra Husada : Kediri.,

Collation

-

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

1511B0034

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

-

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available
Comments

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.