Repository
Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia

HEALTH EDUCATION TENTANG PENGENALAN TANDA DAN GEJALA STROKE RINGAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KELUARGA DI KELURAHAN HAMBALA SUMBA TIMUR

No image available for this title
ABSTRAK

Keluarga mempunyai peranan penting dalam perjalanan penyakit, kesiapan keluarga dalam menangani pasien stroke sangat diperlukan, pencegahan penyakit stroke dapat dilakukan dengan peningkatan edukasi. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan keluarga tentang tanda dan gejala awal stroke. Tujuan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Health Education Tentang Pengenalan Tanda Dan Gejala Stroke Ringan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga di Kelurahan Hambala Sumba Timur.
Penelitian menggunakan pra eksperimental dengan pendekatan one-group pre-post test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 orang, setelah dilakukan sampling dengan menggunakan teknik simple random sampling maka sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 124 orang. Variabel independennya yaitu pemberian health education tentang pengenalan tanda dan gejala stroke ringan, sedangkan variable dependen pengetahuan tentang pengenalan tanda dan gejala stroke ringan. Setelah dilakukan tabulasi, data kemudian dianalisa dengan menggunakan uji wilcoxon╬▒.
Hasil penelitian pengetahuan keluarga tentang tanda dan gejala stroke ringan sebelum dilakukan health edukasi diketahui sebagian besar responden memiliki pengetahuan kurang yaitu sebanyak 96 responden (77,4%) dari total 124 responden, sesudah dilakukan health education pengetahuan keluarga tentang tanda dan gejala stroke ringan sebagian besar responden memiliki pengetahuan baik yaitu sebanyak 83 responden (66,9%) dari total 124 responden.
Hasil analisa data menunjukan bahwa nilai p-value = 0,000 sehingga H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh health education tentang pengenalan tanda dan gejala stroke ringan terhadap peningkatan pengetahuan keluarga di Kelurahan Hambala Sumba timur.
Edukasi sangat penting dalam menambah pengetahuan keluarga sehingga pengetahuan keluarga dapat meningkat dengan demikian diharapkan keluarga mampu mengenali tanda dan gejala stroke ringan.

Kata Kunci : Health Education, Pengetahuan Keluarga, Stroke
No copy data
Detail Information
Series Title

-

Call Number

S.IKP.19.023

Publisher

STIKes Surya Mitra Husada : Kediri.,

Collation

-

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

1711L0015

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

-

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available
Comments

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.